Senin, 17 Oktober 2011

TUGAS 5 PENGANTAR BISNIS


NAMA  : BOWO MUJUR SIPAHUTAR
NPM    : 21211529
KELAS : 1EB01

TUGAS 5 PENGANTAR BISNIS

Etika bisnis merupakan penerapan tanggung jawab sosial suatu bisnis yang timbul dari bisnis selalu berhhubungan dengan kegiatan dan masalah-masalah dalam keseharian perusahaan. Berikut adalah 5 pergaulan bisnis yang terkait dalam kegiatan tersebut beserta penjelasannya : 

1. Hubungan antara bisnis dengan pelanggan atau konsumenHubungan antara bisnis dengan pelanggannya merupakan hubungan yang paling banyak dilakukan ,oleh karena itu bisnis haruslah menjaga etika pergaulannya secara baik dengann pelanggannya.Kita harus memberikan pelayanan yang baik dengan pelanggan karena mereka merupakan tempat penyaluran hasil produksi dari usaha bisnis kita tersebut.

2. Hubungan dengan karyawan
Manajer yang pada umumnya selalu berpandangan memajukan bisnisnya sering kali berurusan denga etika pergaulan dengan karyawannya. Pergaulan bisnis dengan karyawan ini meliputi beberapa hal yaitu meliputi Penarikan (recruitment), Latihan (training), Promosi atau kenaikan pangkat, transfer, demosi (penurunan pangkat) ataupun lay-off atau pemecatan/PHK (pemutusan Hubungan Kerja)

3. Hubungan antarbisnis
Hubungan ini merupakan hubungan antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain. Hal ini bisa terjadi hubungan antara perusahaan dengan pesaingnya, dengan penyaluranya, dengan grosirnya, dengan pengecernya, agen tunggalnya maupun distributornya.

4. Hubungan dengan investor
Perusahaan yang berbentuk perseroan terbatas dan yang terutama yang akan dan telah “go public” haruslah menjaga pemberian informasi yang baik jujur
dari bisnisnya kepada para investor atau calon investornya, karena informasi yang tidak jujur akan menjerumuskan para investor untuk mengambil keputusan investasi yang keliru. Oleh karena itu masyarakat yang calon pemodal yang ingin membeli saham haruslah diberi informasi secara lengkap dan benar. Jangan sampai terjadi adanya manipulasi terhadap informasi. Dalam hal ini peranan pemerintah serta perusahaan penjamin emisi (pialang) adalah sangat penting dalam hal memberikan informasi serta prospectus dari perusahaan yang menjual saham di pasar bursa saham.

Tangan pemerintah yang bergerak dalam bidang ini adalah BAPEPAM (Badan Pelaksana Pasar Modal). BAPEPAM merupakan badan yang berada langsung di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan yang bertugas untuk :
a. Mengadakan penilaian terhadap perusahaan yang akan menjual sahamnya melalui pasar modal
b. Menyelenggarakan bursa pasar modal secara efektif dan efisien, serta menyusun dan mengumumkan perkembangan kurs efek-efek di pasar bursa
c. Membantu perkembangan perusahaan-perusahaan yang go public tersebut

5. Hubungan dengan lembaga-lembaga keuangan
Hubungan dengan lembaga keuangan terutama Jawatan Pajak merupakan hubungan pergaulan yang bersifat financial. Hubungan ini merupakan hubungan yang berkaitan dengan Penyusunan Laporan Keuangan. Laporan financial tersebut harus disusun secara benar sehingga tidak terjadi kecenderungan kearah penggelapan pajak.


Dikutip dari : DIKTAT KULIAH
Mahasiswa Program Studi Manajemen
Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi
Universitas Negeri Yogyakarta,Oleh:
Dr. Moerdiyanto, M.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar